Banyak perusahaan mengalami masalah (baca :tantangan) terbesar  adalah menyangkut SDM. sebelum merekrut karyawan, tantangan yang timbul adalah “sulit mencari kandidat”, setelah bekerja tantangan yang timbul kurang produktif tidak meningkatkan keuntungan yang signifikant.

Jadi bagaimana solusinya ?

Pintu pertama untuk menerima karyawan adalah melalui seleksi yang tepat, yang bisa mencerminkan keadaan mereka pada saat bekerja nanti. berikut tip praktis yang sering Saya lakukan untuk menseleksi karyawan baru.

1. Job Definition : harus jelas untuk apa pekerjaannya dan apa yang diharapkan nanti dari karyawan tersebut.

2. Candicate Profile : tetapkan kriteria mutlak dan kriteria keinginan untuk pekerjaan diatas. tidak semuanya harus sempurna, karena sebagian bisa dilatih dan dididik ditempat kerja.

3. Aplicant pool : dicari dimana mereka ditemukan. apakah di kampus, di koran kompas atau poskota, di sekitar counter atau outlet pemasaran kita atau di lembaga pendidikan

4. Selection : tahapan ini yang paling penting. pertama yang dilakukan adalah sortir dan Chek list sesuai dengan Kriteria mutlak yang ditetapkan. misal umur, pendidikan dll. yang kedua adalah JOB TEST, disinilah kita bisa lihat langsung apakah yang kita inginkan sesuai dengan yang diharapkan. yang ketiga batu test tulis lain seperti DISC dan STIFIn. itu untuk lebih meyakinkan hasil JOB TEST tadi.

5. Interview : yang paling penting dalam tahap interview ini adalah memberikan pertanyaan yang berupa BEI (behavior even interview). contohnya adalah : “tolong jelaskan prestasi terbaik yang pernah diperoleh ? ” atau “kapan anda terakhir marah sama seseorang ?” jangan memberikan pertanyaan yang jawabannya klise seperti “apakah anda termotivasi bekerja di sini?”

6. Jangan terlalu percaya hasil test. dan tidak perlu menunggu masa 3 bulan untuk mendelete apabila ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. begitu juga jangan menunggu lama untuk menaikkan gaji jika ternyata kandidat tersebut emang pantas untuk naik gaji.

 

salam ceria

Teguh Wibawanto

 

 

 

 

 

About the author
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

clear formSubmit